Press "Enter" to skip to content

12 Tips Rahasia Terbukti Membuat Wajah Awet Muda

0

Setiap wanita yang sudah menyandang status seorang Ibu atau Emak, ada kekhawatiran terhadap wajah semakin lama semakin terlihat tua. Sebenarnya Mak, ini proses alami yang tidak bisa kita cegah tapi bisa kita bikin selow, hehehe. Siapa sih yang gak mau terlihat awet muda.

Dengan serangkaian perawatan yang rutin, dari bahan-bahan yang mungkin bisa kita dapat di sekitar kita, penuaan bisa diperlambat. Selain perawatan dari luar juga perawatan dari dalam, yang paling utama adalah, menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi seimbang mengandung vitamin dan mineral, serta selalu berfikir positif akan memberi pengaruh baik juga bagi kesehatan kulit. Disaat usia telah “matang” tetapi kulit wajah awet muda, tubuh masih terlihat segar, dan menarik lebih lama, semua wanita pasti satu suara,” mau”.

Kali ini, websiteEmak punya informasi keren untuk para Ibu, baik itu Ibu rumah tangga, Ibu kost, Ibu negara, Ibu pejabat, semua yang menyandang predikat Ibu pokoknya, perlu baca “12 Tips Rahasia Terbukti Membuat Wajah Awet Muda”.

Eits, sabar dulu tidak hanya untuk wajah ya Mak, tapi juga untuk seluruh tubuh terutama leher dan kulit tangan juga, gak lucu donk wajah awet muda tapi kulit leher sudah melorot semua, ketebakkan jadinya berapa usia sebenarnya.

Perawatan apapun yang mungkin pernah dicoba tujuannya yang penting adalah agar tetap menarik di mata suami sendiri, bukan di mata suami orang ya Mak, dosa itu.

Tapi yang jadi pertanyaannya apa bisa Emak sekelas saya, yang notabenenya hanya Ibu rumah tangga bisa mendapatkan wajah awet muda dengan modal terbatas, tapi hasilnya tetap memuaskan.

12 Tips mudah yang bisa membuat wajah awet muda, berikut websiteEmak merangkumnya:

Langsung saja kita bahas satu-satu ya Mak!

1. Pori-pori yang kecil membuat wajah terlihat awet muda

Pori-pori melabar karena banyaknya kotoran yang menumpuk di dalam pori-pori. Semakin bertambah usia, semakin besar pula kemungkinan pori-pori membesar.

Untuk mengatasinya, coba gunakan pembersih yang mengandung Salicylic acid, yang bekerja melarutkan minyak yang ada di dalam pori-pori kulit. Menurut dermatolog Fredric Brandt dari New York City, pembersih yang mengandung Salicylic acid juga mampu menyingkirkan kulit-kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit wajah.

pori-pori kecil wajah terlihat awet muda
Ilustrasi

2. Rajin Membersihkan Pori-Pori Wajah yang Tersumbat Agar Awet Muda

Membersihkan pori-pori yang tersumbat dengan cara mengeluarkan kotorannya, biasanya terdapat pada daerah hidung, yang kita kenal dengan istilah komedo. Cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah bisa menggunakan handuk yang berbahan lembut, misalnya handuk bayi, setelah mencuci muka komedo akan lebih gampang dikeluarkan dengan menggunakan handuk.

Cara lainnya adalah menggunakan pore pack atau pore tsrips, biasanya dipakai dengan cara menempelkannya ke hidung tempat bersarangnya komedo. Menurut berbagai sumber cara ini cukup efektif untuk mengurangi komedo, tapi ingat jangan setiap hari cukup sekali seminggu saja.

3.Gunakan Sunsreen Agar Terlindung dan Awet Muda

sunsscreen pelindung agar awet muda
Ilustrasi

Sunscreen bisa diartikan secara sederhana adalah zat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultra violet matahari. Kita memerlukan sunscreen setidaknya dengan SPF 30, terutama bila melakukan aktivitas di luar rumah. Jadi, sunscreen ini barang wajib yang selalu ada di dalam tas ya Mak.

4.Tidur yang Cukup Menyegarkan Kulit

Tidur cukup agar kulit sehat
Ilustrasi

Jika Emak berangkat tidur 15 menit lebih awal, selama 4 malam, maka Emak akan mendapatkan rutinitas jam tidur lebih lama. Untuk memenuhi kecukupan tidur selama 8 jam sehari, jangan minum kopi setelah jam 15.00, dan hindari olah raga 3 jam sebelum waktu tidur. Selesaikan aktivitas yang menggunakan komputer atau tablet lebih cepat. Hindari terlalu memikirkan peristiwa hari ini, lupakan untuk sementara waktu, biarkan otak istirahat dari kelelahan memikirkan hal-hal yang terkadang gak perlu-perlu juga sih.

Selanjutnya, matikan posel, jauhkan dari tempat tidur apalagi di bawah bantal, dan tidurlah, tidurlah, tidurlah, jangan lupa berdo’a ya.

5.Gunakan Bahan Anti Oksidan

Antioksidan merupakan senjata paling ampuh untuk memerangi polusi dan bahaya sinar matahari. Sebagai referensi Emak bisa mencari krim yang mengandung ekstrak buah delima, teh hijau, atau buah berry. Pemakaiannya setiap hari, terutama bila banyak aktivitas di luar rumah.

Baca Juga: 45 Rahasia Perawatan Alami Kulit Luar Dalam Terlengkap

6.Kenalan Dengan Retinol Untuk Tampil Awet Muda

Menurut Fredric Brandt seorang dermatolog, retinol adalah bahan satu-satunya yang terbukti mampu mengurangi garis-garis keriput untuk jangka panjang.

Namun, retinol tidaklah sempurna 100%, sebab bahan ini juga dapat meningkatkan sensitivitas terhadap matahari, seperti misalnya kulit mengelupas, memerah dan gatal. Oleh sebab itu retinol di sarankan untuk dipakai pada malam hari saja, kan gak ada matahari, hehehe.

Howard Tobel, ahli dermatolog menyarankan untuk menggunakannya tipis-tipis di wajah, perlahan, cukup sekali dalam dua hari, sampai kulit mampu beradaptasi dengan bahan ini.

7.Jangan Sering-Sering Menyentuh Daerah Mata

jangan sering menyentuh daerah mata

Kulit sekitar mata sangat tipis, karena itu jangan merabanya, menepuk, atau menggosoknya. Setiap kali menyentuh daerah mata, maka akan beresiko memecahkan pembuluh darah, yang akan menyebabkan kulit sekitar mata menjadi gelap dan menebal.

Menurut Leslie Baumann, seorang direktur University of Miami Cosmetic and Research Institute, gunakan krim mata yang mengandung antiaging berbahan lembut, seperti zinc. Bahan ini diklaim mampu meningkatkan produksi elastin yang dapat mengurangi keriput.

8.Jangan Minum Alkohol dan Merokok

alkohol dan merokok merusak kulit

Merokok adalah salah satu faktor penyebab keriput, karena dapat menghancurkan kolagen dan elastin. Sedangkan, minum alkohol lebih dari satu gelas akan meningkatkan peradangan dalam darah, dan hal ini dapat mempercepat kulit menggelambir sepanjang waktu.

Terlalu banyak makan gula juga dapat mengurangi elastisitas kulit, sebab gula mengurangi kemampuan tubuh dalam memperbaiki kolagen yang rusak.

9.Singkirkan Noda Hitam Bila Ingin Awet Muda

Noda hitam merupakan salah satu tanda–tanda penuaan, namun jangan khawatir masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita, diantaranya adalah menggunakan perasan jeruk lemon, menggunakan masker kunyit, menggunakan gel lidah buaya dan lain sebagainya.

10.Cerahkan Wajah

Ketika usia bertambah, pergantian sel akan melambat dan sel-sel kulit mati akan menumpuk di wajah kita. Akibatnya, wajah akan terlihat tidak bercahaya dan kurang cerah. Langkah yang bisa dilakukan adalah menyingkirkan sel-sel kulit mati tersebut dengan melakukan peeling 2 x seminggu.

Ada tambahan lagi, tetaplah tersenyum apapun yang Emak hadapi, karena senyum akan memberikan aura positif pada diri sendiri dan orang lain.

11.Perawatan Leher, Tangan dan Tubuh

Terkadang kulit leher gak “kompak” dengan kulit wajah, bisa saja wajah terlihat masih muda atau baby face tetapi kulit leher sudah duluan mengendur. Kebanyakan kita sering mengabaikan bagian ini untuk dirawat, padahal perawatan itu sebaiknya dilakukan secara menyeluruh agar kulit kita semuanya kompak satu suara, yaitu “awet”.

Berbagai perawatan kulit seperti menggunakan krim, masker, dan lulur secara teratur dapat membuat kulit lebih sehat dan bercahaya.

Sunscreen dan retinol juga bisa diaplikasikan ke leher dan tangan, sementara untuk kulit tubuh secara keseluruhan, bisa pakai handbody yang mengandung moisturizer dan vitamin E, atau bila keluar rumah gunakan pakaian yang tertutup agar tidak terkena matahari langsung.

Tetapi, perawatan dari luar saja tidak cukup, perlu adanya perawatan dari dalam juga yaitu dengan cara mengonsumsi makanan sehat, halal, dan bergizi. Dalam hal ini, kulit membutuhkan vitamin yang bisa kita dapat dari buah-buahan atau sayur-sayuran. Bisa juga dengan mengonsumsi suplemen-suplemen kulit yang telah banyak di jual di pasaran.

makanan untuk merawat leher,tangan dan tubuh

Lalu vitamin apa saja yang bisa membuat kulit sehat, cantik, bercahaya, dan mendapatkan wajah yang baby face, berikut pembahasannya:

VitaminSumberManfaat
Awortel, ubi, labu, apricot, peach,
jeruk, pepaya, mangga, dll
>kulit tampak lebih muda
>mengurangi kerutan
>mengurangi noda hitam
B3 (Niacin)Kacang-kacangan>melembabkan kulit
>pelindung kulit terluar
Cberry, kiwi, paprika hijau,
brokoli, bayam, jambu biji, anggur, dll
>sebagai antioksidan
>mencerahkan kulit
>melembutkan dan mengenyalkan kulit
Eminyak nabati, alpukat, kacang-kacangan, sayuran hijau>pelindung dari sinar UV
>pelindung dari polusi dan obat-obatan kimia yang merusak kulit
Vitamin untuk kulit agar wajah terlihat awet muda

12.Hindari Pola Hidup yang Dapat Merusak Kulit

hindari pola hidup yang merusak kulit

Di bawah ini kita ulas kebiasaan apa saja yang bisa merusak kulit kita, yaitu:

  1. Merokok
  2. Menggunakan mesin tanning bed
  3. Pengaruh sinar matahari
  4. Tidak membersihkan make up sebelum tidur
  5. Tidak mau berkonsoltasi ke dokter kulit
  6. Stress
  7. Begadang

Kulit adalah bagian tubuh terluar yang paling mudah terpapar polusi, oleh sebab itu apapun warna kulit kita , tetap disyukuri dengan cara merawat nikmat Allah ini agar tetap sehat dan segar. Kulit yang sehat akan terlihat bercahaya dan tentu akan mempercantik tampilan kita setiap saat. Tanpa make up, Emak juga bisa percaya diri karena memiliki kulit yang sehat, segar, dan tampak awet muda.

Mungkin yang terakhir adalah jangan lupa minum air putih, minimal 2 liter dalam sehari atau sesuai kebutuhan agar kulit senantiasa terlihat lembab. Selamat mencoba ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
error: