Press "Enter" to skip to content

17 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Perlu Anda Katahui

0

Daun kelor memiliki nama ilmiah Moringa oleifera yang tercatat berasal dari daerah tropis dan sub tropis di wilayah Asia Selatan. Di Indonesia daun kelor dikonsumsi sebagai bahan pangan dan juga digunakan untuk pengobatan tradisional. Sedangkan biji tanaman kelor juga digunakan untuk penjernih air skala kecil.

Hampir semua penelitian terhadap tumbuhan kelor menyimpulkan bahwa semua bagian tanaman kelor yaitu biji, daun, batang hingga akar dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Menurut berbagai sumber daun kelor juga sangat baik jika dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak dalam masa pertumbuhan sebab daun kelor megandung zat gizi seperti protein, vitamin dan mineral.

Manfaat Daun Kelor

Lebih dari 1000 hasil riset yang telah menyatakan bahwa daun kelor terbukti memiliki beragam manfaat mulai dari kemampuan dalam proses penyembuhan, mengurangi dampak permasalahan wabah penyakit hingga masalah kekurangan gizi.

Organisasi kesehatan dunia WHO (World Health Organization) menjuluki pohon kelor sebagai The Miracle Tree atau pohon ajaib.

Berikut ini 17 manfaat daun kelor untuk kesehatan yang telah berhasil dirangkum dari berbagai sumber ilmiah.

1. Bahan Pangan yang Kaya Gizi

Manfaat Daun Kelor yang Kaya Gizi
Ilustrasi

Daun kelor mangandung zat gizi yang lengkap baik unsur makro maupun unsur mikro. Unsur makro terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak sedangkan unsur mikro termasuk vitamin dan mineral.

Daun kelor kering mengandung sejumlah asam amino penting diantaranya adalah fenilalanin, isoleusin, tirosina, histadina, lisin dan triptofan. Daun kelor kering juga mengandung kalsium, potasium dan fosfor.

Manfaat daun kelor tidak hanya untuk orang dewasa tetapi juga sangat baik diberikan pada anak-anak dalam usia pertumbuhan.

Berikut ini data komposisi gizi daun kelor segar per 100 gram dengan Berat Dapat Dimakan (BDD) 65% menurut data KemkesRI dalam Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI):

Komposisi GiziJumlah
Energi92 kal
Air75,5 g
Karbohidrat14,3 g
Serat8,2 g
Lemak1,6 g
Protein5,1 g
Abu3,5 g
Beta-karoten3,266 mcg
Tiamin (Vitamin B1)0,30 mg
Riboflavin (Vitamin B2)0,10 mg
Niasin4,2 mg
Vitamin C22 mg
Besi6,0 mg
Fosfor76 mg
Kalium298,0 mg
Kalsium1,077 mg
Seng0,6 mg
Tembaga0,10 mg
Natrium,sodium61 mg

Baca Juga: Dijamin Bergizi dan Sehat! 5 Makanan Fermentasi Indonesia yang Kaya Gizi

2. Antimikroba dan Antibakteri

Manfaat daun kelor sebagai antimikroba
Ilustrasi

Berbagai hasil penelitian telah membuktikan bahwa daun kelor memiliki aktivitas sebagai anti mikroba, anti jamur dan anti bakteri.

Ekstrak daun kelor mengandung antibiotik yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

Rebusan daun kelor juga bisa digunakan untuk melawan infeksi kulit, infeksi saluran kemih serta mengatasi masalah pencernaan akibat gangguan mikroba patogen.

3. Antikanker

Manfaat daun kelor untuk mengatasi penyakit kanker terdapat pada kandungan potasium, karotenoid, niazimin dan isothiocyanate benzil yang bermanfaat untuk membunuh dan mencegah sel-sel kanker.

4. Antioksidan

Manfaat daun kelor juga digunakan sebagai antioksidan, yaitu penangkal dampak buruk dari radikal bebas. Kandungan antioksidan daun kelor sangat tinggi diantaranya berupa senyawa polifenol, flavonoid dan asam askorbat.

Antioksidan tidak hanya bisa mencegah berbagai penyakit namun juga bisa meningkatkan kualitas kesehatan seseorang yang rutin mengonsumsi daun kelor sesuai dengan kebutuhan gizi per hari.

Manfaat daun kelor juga telah dibuktikan secara ilmiah sebagai antikanker alami yang bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker seperti kanker serviks dan tumor.

5. Memperlambat Proses Penuaan

Manfaat daun kelor sebagai antioksidan juga bekerja dalam mencegah proses penuaan dini akibat efek radikal bebas.

Daun kelor juga ampuh untuk mencegah terjadinya kanker kulit, menjadikan kulit lebih sehat dan mencegah serta mengurangi flek hitam akibat pengaruh sinar UV. Dengan mengonsumsi secara rutin sesuai kebutuhan maka manfaat daun kelor akan bisa dirasakan khasiatnya.

Selain untuk dikonsumsi daun kelor juga bisa digunakan sebagai herbal untuk perawatan bagian luar seperti bubuk daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai lulur untuk membersihkan kulit.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah penyakit jantung
Ilustrasi

Manfaat daun kelor untuk jantung terletak pada kandungan asam lemak omega 3 yang ada padanya. Omega 3 berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat didalam darah, sekaligus menjaga kesehatan sel jantung dan pembuluh darah.

Omega 3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia namun sangat diperlukan tubuh dalam perkembangan sel-sel saraf dan otak.

Data kandungan gizi per 100 gram daun kelor, direbus, dikeringkan tanpa garam menurut USDA (U.S. Department of Agriculture.

Kandungan GiziJumlah
Energi60 kkal
Air81,65 g
Karbohidrat (Total)11,15 g
Serat (Total)2,0 g
Gula (Total)1,00 g
Lemak (Fat)0,93 g
Lemak jenuh0,152 g
Lemak tak jenuh ganda0,015 g
Lemak tak jenuh tunggal0,473 g
Protein5,27 g
Abu1,00 g
Lutein + Zeaksantin1,747 mcg
Beta Karoten4,208 mcg
Kolin21 mg
Vitamin A (IU)7,013 IU
Vitamin A RAE351 mcg
Tiamin (Vitamin B1)0,222 mg
Riboflavin (Vitamin B2)0,50 mg
Asam Pantotenat0,102 mg
Piridoksin0,929 mg
Folat total23 mcg
Vitamin C31, 0 mg
Vitamin E0,10 mg
Vitamin K108,0 mcg
Besi2,32 mg
Kalium344 mg
Kalsium151 mg
Fosfor67 mg
Magnesium34 mg
Mangan0,868 mg
Selenium0,9 mcg
Seng0,49 mg
Tembaga0,086 mg
Natrium, sodium9 mg

7. Menyehatkan Mata

Daun Kelor Menyehatkan Mata
Ilustrasi

Berdasarkan data kandungan gizi daun kelor mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung pada daun kelor juga bermanfaat untuk mencegah mata minus dan plus.

Rutin mengonsumsi daun kelor sesuai kebutuhan gizi per hari juga bisa mencegah terjadinya katarak, menjernihkan penglihatan serta menurunkan resiko rabun pada penderita diabetes.

Manfaat tanaman kelor tidak hanya bisa untuk kesehatan manusia namun juga bisa digunakan untuk bidang peternakan seperti mengobati luka pada ayam atau mengobati sakit mata pada kambing peliharaaan. Biasanya yang dimanfaatkan untuk mengobati sakit mata pada kambing adalah getah kelor yang berwarna kuning.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Air rebusan daun kelor bisa digunakan untuk membersihkan luka ringan seperti luka gores, memar atau yang mengalami pendarahan ringan.

Daun kelor bekerja mempercepat proses pembekuan darah sehingga menyebabkan luka cepat sembuh serta mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

9. Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes

Manfaat daun kelor untuk diabetes
Ilustrasi

Daun kelor mengandung mineral seng yang sangat diperlukan dalam produksi insulin dan memiliki sifat anti diabetes. Mengonsumsi daun kelor bisa menormalkan kadar gula darah dan bermanfaat sebagai insulin alami.

Manfaat daun kelor tidak hanya untuk mengobati tetapi juga bisa untuk mencegah penyakit diabetes. Seseorang yang memiliki kemungkinan mewarisi penyakit diabetes karena genetik sangat disarankan untuk mengonsumsi daun kelor sesuai kebutuhan untuk menurunkan risiko akibat penyakit tersebut.

10. Melindungi Organ Hati

Kandungan senyawa yang terdapat didalam ekstrak daun kelor diyakini bisa melindungi fungsi sel-sel hati dari kerusakan akibat dari pola hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol, narkotika, kurang istirahat serta konsumsi lemak yang berlebihan.

Daun kelor mengandung polifenol yang bisa melindungi organ hati dari racun, oksidasi dan juga kerusakan. Daun kelor juga diyakini bisa mengurangi kerusakan hati, detoksifikasi darah, memproduksi empedu lebih baik, metabolisme fruktosa, metabolisme lemak dan juga mengolah nutrisi lebih baik.

Manfaat daun kelor ini bisa dirasakan apabila dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan, sebab bila berlebihan justru memberi efek yang sebaliknya yaitu merusak kesehatan.

11. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat daun kelor membantu menjaga berat badan ideal
Ilustrasi

Beberapa studi ilmiah yang dilakukan oleh para ahli menyimpulkan bahwa teh daun kelor sangat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan yang manfaatnya untuk merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori.

Kandungan serat yang terdapat pada daun kelor berguna untuk menyerap lemak yang berlebih dalam usus dan mencegah akumulasi lemak.

12. Menjaga Kesehatan Otak

Daun kelor mengandung vitamin C dan E yang berguna untuk melawan oksidasi penyebab degenerasi neuron, memperbaiki fungsi otak dan juga menormalkan serotonin, dopamin serta noradrenalin neurotransmitter pada otak.

Seseorang yang rutin mengonsumsi rebusan daun kelor secara teratur akan memberi efek meningkatkan daya ingat, memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik serta menurunkan tingkat stres.

13. Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu asam amino yang terkandung didalam daun kelor adalah metionin yang berperan dalam pemasok sulfur dalam tubuh. Zat ini sangat ampuh dalam mengurangi lemak hati dan melindungi ginjal dari iritasi kandung kemih.

Sedangkan kandungan kalsium dan magnesium pada daun kelor sangat membantu kerja ginjal dan sistem metabolisme tubuh bekerja secara maksimal.

14. Mengatasi Asam Urat

Mengatasi asam urat
Ilustrasi

Pada penderita asam urat, endapan purin yang berlebih didalam darah dan sendi akan menimbulkan pembengkakan dan rasa nyeri.

Biasanya untuk meredakan rasa nyeri ketika asam urat tinggi maka akan ditekan dengan obat anti-peradangan. Namun menurut beberapa penelitian daun kelor bisa digunakan sebagai anti inflamasi alami dalam pengobatan arthritis dan asam urat.

Menurut penelitian efek daun kelor bisa menekan enzim COX-2 atau Cyclooxygenase-2 yang merupakan enzim yang bertanggung jawab untuk proses peradangan dan rasa sakit.

15. Melancarkan ASI

Sebagian masyarakat mungkin hanya mengetahui bahwa daun katuk bisa melancarkan produksi ASI. Namun ternyata selain daun katuk, daun kelor juga bisa melancarkan produksi ASI Ibu yang menyusui.

Senyawa nutrisi yang terkandung didalam daun kelor mampu merangsang hormon prolaktin pada Ibu yang telah melahirkan, dimana hormon ini berperan utama dalam proses produksi ASI.

Selain itu kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada daun kelor akan membantu memproduksi ASI yang lebih berkualitas pada Ibu menyusui.

Kandungan zat besi pada daun kelor juga bisa menurunkan risiko anemia akibat kekurangan zat besi pada wanita yang sedang haid.

16. Menjaga Kecantikan Kulit

Kandungan antioksidan, asam amino, vitamin dan mineral yang terdapat pada daun kelor sangat baik untuk kesehatan kulit seperti untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan untuk melembabkan kulit.

Ekstrak tanaman kelor telah banyak dimanfaatkan oleh industri-industri kosmetik sebagai bahan baku untuk membuat produk-produk kecantikan.

Manfaat daun kelor juga sangat penting dalam pembentukan kolagen dan protein keratin, dimana keduanya berfungsi dalam menjaga kesehatan jaringan kulit.

Manfaat daun kelor tidak hanya untuk dikonsumsi saja namun juga bisa dijadikan masker wajah agar kulit wajah terlihat lebih halus dan sehat.

17. Sebagai Ramuan Alami untuk Meningkatkan Vitalitas Pria

Manfaat daun kelor juga bisa digunakan untuk meningkatkan vitalitas pria, meningkatkan gairah dan mengatasi masalah impotensi.

Menurut beberapa penelitian ekstrak daun kelor bisa meningkatkan produksi hormon terstoteron dalam tubuh sehingga akan menjadikan kadar hormon menjadi lebih seimbang.

Efek Samping Daun Kelor

Mengonsumsi daun kelor sebenarnya aman-aman saja apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan dan digunakan dengan cara yang benar dan tepat. Daun, biji dan buah boleh dikonsumsi untuk berbagai bahan makanan. Namun perlu berhati-hati bahkan hindari untuk mengonsumsi bagian akar tanaman kelor sebab mengandung zat beracun.

Manfaat daun kelor tidak akan bisa diperoleh bila dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan bahkan menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh.

Mengonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan hati, ginjal dan sakit perut apabila dikonsumsi ketika perut kosong.

Oleh sebab itu perlu diketahui cara dan dosis yang tepat dalam mengonsumsi daun kelor agar manfaatnya bisa dirasakan.

Rangkuman Manfaat Daun Kelor

Manfaat daun kelor bisa diperoleh apabila dikonsumsi dengan cara dan jumlah dosis yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini manfaat daun kelor untuk kesehatan:

  • Sebagai bahan pangan yang bergizi
  • Memiliki aktivitas antimikroba dan antibakteri
  • Sebagai antikanker
  • Sebagai antioksidan
  • Memperlambat proses penuaan
  • Mencegah penyakit jantung
  • Menyehatkan mata
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menurunkan risiko diabetes
  • Melindungi organ hati
  • Membantu menjaga berat badan ideal
  • Menjaga kesehatan otak
  • Menjaga kesehatan ginjal
  • Mengatasi asam urat
  • Melancarkan ASI
  • Menjaga kecantikan kulit
  • Meningkatkan vitalitas pria

Demikian informasi tentang manfaat daun kelor yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat. Jaga kesehatan Anda dan keluarga. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
error: