Press "Enter" to skip to content

Makanan Terbaik Pertama Bayi Yang Terbukti Meningkatkan Sistem Imun

0

Mungkin sebagian kita pernah mendengar kebiasaan lama dari orangtua kita dahulu, kalau ASI yang pertama keluar dari payudara Ibu harus dibuang, padahal faktanya ASI pertama yang keluar dari payudara Ibu atau yang dikenal dengan sebutan kolostrum merupakan makanan terbaik pertama untuk bayi.

Walaupun warnanya tidak seputih ASI biasa, yaitu berwarna kekuningan dan kasar, tapi komposisi nutrisinya lebih lengkap dibanding ASI biasa. Pengeluaran kolostrum kira-kira selama satu minggu, setelah itu akan keluar ASI biasa.

Informasi Penting yang Perlu Diketahui Seputar Kolustrum

1. Kandungan terbaik dari Kolostrum

  1. Lebih banyak protein (10%, pada ASI biasa hanya 1%)
  2. Lebih banyak immunoglobulin A dan Lactoferrin, juga sel darah putih yang semuanya memegang peranan penting bagi perlindungan bayi untuk melawan infeksi.
  3. Lebih banyak mengandung vitamin A
  4. Lebih sedikit mengandung lemak (fat) dan laktose
  5. Lebih banyak mengandung Na(Natrium) dan Zn(Zincum)

2.Apa saja manfaat Kolustrum yang bisa didapatkan bayi?

manfaat kolustrum untuk bayi

Kolostrum menyuplai faktor imun dan tumbuh kembang kehidupan bayi dengan kombinasi nutrisi yang sempurna. Sebagai informasi kolostrum tidak hanya dihasilkan oleh manusia tapi juga dihasilkan oleh induk hewan betina, contohnya sapi. Tapi, tentu saja yang terbaik untuk bayi adalah kolustrum yang berasal dari Ibunya sendiri.

Selain itu kolostrum juga berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan virus, bakteri, jamur, alergi, parasit dan lain sebagainya.

Kolustrum juga membantu menyeimbangkan gula darah, pembentukan tulang dan membantu dalam metabolisme tubuh.

Agar tidak bingung, ini rangkuman manfaat Colostrum:

1. Memperkuat sistem imun bayi baru lahir

2. Mencegah penyakit kuning pada bayi, dengan cara membuang zat-zat berbahaya dari tubuh bayi

3.Mengandung nutrisi yang lengkap untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi

4.Membantu dalam pertumbuhan tulang dan otot bayi

5. Melawan mikroba jahat yang mengganggu pencernaan bayi

3.Kapan Kolostrom diproduksi di dalam tubuh Ibu?

Pada fase terakhir kehamilan, payudara Ibu memasuki fase Laktogenesis I. Saat ini payudara memproduksi Kolostrum, berupa cairan kuning kental. Pada saat ini, tingkat progesteron tinggi berfungsi untuk mencegah produksi ASI yang sebenarnya. Tetapi bukan merupakan masalah medis yang perlu dikhawatirkan apalagi kalau keluar sebelum persalinan.

Tahap selanjutnya disebut Laktogenesis II, dimulai sekitar 30-40 jam setelah melahirkan. Tetapi para Ibu biasanya baru merasakan payudara penuh sekitar 50-73 jam (2-3 hari) setelah melahirkan.

Artinya, memang sebenarnya ASI tidak langsung diproduksi setelah Ibu melahirkan. Kolostrum dikonsumsi bayi sebelum ASI sebenarnya. Dalam dua minggu pertama setelah melahirkan, Kolostrum pelan – pelan hilang dan digantikan oleh ASI sebenarnya.

4.Bagaimana jika hari pertama setelah melahirkan, Kolostrum Ibu tidak keluar?

jika asi tidak pertama tidak keluar

Memang ada beberapa kondisi Ibu dimana air susunya tidak langsung keluar di hari pertama setelah melahirkan, contohnya admin pernah mengalaminya ketika melahirkan anak pertama.

Berkaca dari pengalaman pribadi sendiri, saat itu dokter anak dan perawat selalu meminta saya untuk tetap menyusui bayi walaupun tidak ada cairan yang keluar, karena itu cara alami untuk menstimulasi payudara agar bisa menghasilkan kolustrumnya.

Sedangkan referensi lain yang telah websiteEmak kumpulkan dari berbagai sumber, bisa melalui pompa ASI manual atau elektrik. Pompa ASI juga bisa berguna untuk memperbanyak produksi ASI.

Intinya berjuanglah untuk bisa memberikan kolustrum dan selanjutnya ASI untuk si buah hati demi masa depan generasi yang sehat dan cerdas.

Baca juga: Manfaat ASI untuk Ibu dan Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
error: