Press "Enter" to skip to content

“1001” Sumber Makanan Sehat Alami Yang Terbukti Membuat Kulit Sehat dan Glowing

0

Tubuh yang sehat dan bugar adalah dambaan setiap manusia, karena dengan tubuh yang sehat dan bugar akan meningkatkan produktivitas manusia itu sendiri. Tidak hanya berpengaruh kepada aktivitas sehari-hari tetapi juga berpengaruh kepada organ-organ penting lainnya, termasuk kulit. Untuk itu kita membutuhkan makanan sehat yang wajib kita konsumsi setiap hari seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Para Ahli sepakat bahwa makanan sehat alami yang mengandung antioksidan, vitamin dan mineral memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh, tidak terkecuali kulit. Sebab kulit adalah lapisan paling luar yang bersinggungan langsung dengan kondisi luar tubuh. Kulit adalah pelindung pertama dari serangan luar yang akan masuk dan merusak sel-sel dalam tubuh.

Mulai sekarang tidak ada salahnya bila kita memperhatikan apa yang kita makan, yaitu makanan sehat alami yang mengandung nutrisi penting bagi kulit, seperti antioksidan, vitamin dan mineral.

Antioksidan, vitamin dan mineral bisa kita jumpai didalam buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, tanaman rimpang, minyak nabati dan probiotik.

Sumber Makanan Sehat Alami yang Mengandung Antioksidan,Vitamin dan Mineral

1. Buah-buahan

Buah-buahan banyak mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama kulit. Vitamin yang dimaksud antara lain, vitamin A, B, C dan E. Selain itu buah-buahan juga mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Buah apa saja yang layak kita coba di rumah agar mendapatkan manfaatnya, berikut websiteEmak merangkumnya untuk Anda:

ALPUKAT

makanan sehat alpukat

Alpukat mengandung Lutein yang merupakan antioksidan yang berfungsi untuk kesehatan kulit dan mata. Selain itu alpukat juga mengandung lemak tak jenuh rantai tunggal yang berguna mengurangi resiko kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Rutin mengonsumsi alpukat akan mempercepat regenerasi kulit dan sel-sel darah, selain itu alpukat juga mengandung serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan.

APEL

Buah Apel mengandung antioksidan yang bernama quercetin dan catechin, yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel. Sehingga mampu mengurangi terjadinya resiko kanker dan penyakit jantung. Apel juga mengandung lebih banyak polyphenol dibandingkan daging, yang mampu mencegah datangnya penyakit. Serat yang terkandung dalam kulit apel berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

ANGGUR MERAH

Anggur merah mengandung antioksidan reservatrol dan saponin, yang berguna untuk menguatkan jantung serta mengurangi resiko penggumpalan darah. Anggur merah juga mampu membuat kulit cerah dan membantu melindungi dari bahaya sinar matahari.

BLUEBERRY

Blueberry adalah tanaman yang berasal dari Amerika Utara, tetapi jangan khawatir saat ini sudah banyak yang mampu membudidayakan blueberry di Indonesia loh. Blueberry mengandung antioksidan berupa poliphenol dan antocyanin, yang bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan, meningkatkan fungsi otak, menghambat kerusakan sel saraf, mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah pikun serta anti kanker. Blueberry juga bisa dijadikan masker untuk mencerahkan wajah, melembabkan kulit serta mengurangi lingkar hitam pada mata.

BLACK RASPBERRIES

Termasuk jenis Berries yang kaya manfaat, diantaranya sebagai antioksidan, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari, baik juga untuk nutrisi otak.

COKLAT

Coklat mengandung antioksidan yang bernama flavonol, yang berguna mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Coklat memperlancar aliran darah sehingga baik untuk kesehatan jantung dan kulit. Selain itu coklat juga dapat mengurangi iritasi kulit akibat dari sengatan matahari.

Wanita yang meminum secangkir coklat hangat setiap hari akan mendapatkan kulit yang lebih kenyal, halus dan juga lembab, sehingga akan terlihat awet muda.

Coklat juga mengandung polifenol yang bekerja secara aktif menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit. Sehingga kulit akan tercegah dari penuaan dini.

Baca Juga: Jangan Katakan Tidak Pada 6 Macam Sayuran Ini dan Rasakan Manfaatnya

DELIMA

makanan sehat alami delima

Delima mangandung antioksidan terbaik bila dibandingkan dengan teh hijau dan anggur merah. Buah delima dapat melindungi sel kulit dari peradangan dan juga efek buruk sinar UV matahari. Delima juga dapat membersihkan plak yang menyumbat aliran darah, sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung atau stroke. Bila di konsumsi secara rutin akan memberikan efek jangka panjang yaitu memperlambat proses penuaan kulit dan mencegah terjadinya kanker.

GOJI BERRIES

Buah Goji atau disebut juga dengan Gou Gi Ji banyak dikenal bangsa Tionghoa dan Tibet. Buah ini disebut juga buah panjang umur. Buah goji kaya kan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B ,betakaroten, riboflavin, mangan, zat besi, zinc dan selenium.

JAMBU BIJI (GUAVA)

Jambu biji banyak mengandung vitamin C, yang membantu dalam menunda proses penuaan dini, serta menjaga kesehatan kulit agar tetap segar, cerah dan terlihat awet muda. Selain itu, jambu biji juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak gampang sakit.

JERUK

Jeruk mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, selain itu jeruk juga mengandung bioflavonoid dan karotenoid yang bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan pada jeruk mampu menangkal akibat buruk dari radikal bebas, seperti kanker.

KIWI

Buah kiwi banyak mengandung vitamin C yang bekerja untuk meningkatkan kolagen, yaitu protein yang bertugas mengganti sel-sel kulit yang rusak sehingga kulit akan selalu terasa halus dan lembut.

Selain itu kiwi juga mengandung vitamin E yang bermanfaat bagi kulit sehingga kulit akan terasa kenyal, cerah dan halus

Kiwi juga mengandung antioksidan bernama lutein, berfungsi dalam menangkal radikal bebas sehingga bisa mencegah resiko terjadinya kanker.

LONGAN/LENGKENG

Walaupun rasanya sangat manis, tetapi buah lengkeng banyak mengandung vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, dan mencegah penuaan dini.

LECI

Buah leci banyak mengandung vitamin C, cukup mengonsumsi leci tiga butir sehari akan dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin C setiap hari. Leci juga mengandung vitamin B2 atau riboflavin yang membantu menyehatkan kulit, kuku dan rambut.

MANGGA

Buah mangga juga kaya akan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membuat kulit tetap sehat dan segar. Selain itu mangga juga mengandung gallic acid yang berguna untuk mencegah terjadinya kanker.

MANGGIS

makanan sehat alami manggis

Manggis tidak hanya isinya saja yang bisa dimakan tetapi kulitnya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Akhir-akhir ini banyak penelitian yang dilakukan terhadap kulit manggis dan hasilnya sangat menakjubkan. Kulit manggis mengandung xanthone, yang berguna dalam berbagai pencegahan penyakit, diantaranya sebagai anti jamur dan bakteri penyebab jerawat, mengeluarkan racun -racun dalam tubuh, mencegah kerusakan sel-sel akibat radikal bebas serta bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak teruatama pada kulit, sehingga kulit akan tetap sehat dan segar.

Fungsi lain dari ekstrak kulit manggis adalah mencegah kanker, mengatasi penyakit TBC, asma, leukimia, antiinflamasi dan anti diare.

NANAS

Buah nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang berfungsi mengurangi peradangan dan pembengkakan, membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, nanas juga kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat pembentukan kolagen sehingga baik untuk kesehatan kulit.

2. Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan bugar, diantaranya:

BAYAM

makanan sehat bayam

Bayam kaya akan vitamin A, C dan E serta serat. Bayam juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang berfungsi membentuk pertahanan kulit dari bahaya sinar UV matahari.

Bayam juga berguna dalam mencegah terjadinya kanker, serat yang ada pada bayam bisa melancarkan sistem pencernaan.

JAMUR

Jamur telah di gunakan dalam dunia pengobatan Timur sejak ribuan tahun lalu. Jamur dipakai dalam pengobatan tradisional di Asia sebagai terapi kanker, karena mampu membuang racun-racun dalam tubuh akibat efek kemoterapi dan radiasi. Jamur dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis-jenis jamur yang biasa digunakan adalah maitake, shitake dan reishi.

KOl/ KUBIS

Termasuk diantaranya brokoli, kubis, bok choy dan sejenisnya. Sayuran ini mengandung indoles yang menurut riset mampu mencegah kanker, selain itu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, anti bakteri dan virus.

KANGKUNG

Sayur kangkung sangat baik untuk kulit. Kangkung bisa digunakan sebagi obat luar untuk mengobati bisul, kapalan, dan radang kulit bernanah. Selain itu rebusan kangkung juga bisa digunakan dalam pengobatan cacar air.

LIDAH BUAYA

Kandungan lignin pada lidah buaya mampu meresap kedalam kulit dan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit, sehingga kulit akan selalu terasa lembab. Lidah buaya sudah banyak diolah menjadi berbagai macam olahan seperti minuman yang mengandung gel lidah buaya. Jadi, tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya.

Manfaat lain dari lidah buaya adalah menghaluskan kulit, mengempeskan jerawat, mengurangi flek hitam, menyuburkan dan menguatkan akar rambut, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

LABU SIAM

Labu siam banyak mengandung Niasin yang berperan dalam mensuplai energi dalam jaringan tubuh agar berjalan normal. Kekurangan niasin akan mengakibatkan pellagra serta dermatitis, yaitu gangguan kulit yang biasa dijumpai pada tangan, siku, kaki, lutut dan leher.

MENTIMUN

Selain diolah menjadi minuman segar, mentimun juga bisa dimanfaatkan sebagai menu andalan untuk kesehatan tubuh. Mentimun mengandung 90% air sehingga baik untuk sistem pencernaan.

Mentimun juga memiliki sifat diuretik yang membantu meringankan retensi air, selain itu juga mampu menghilangkan toksin dan asam urat melalui ginjal.

Mentimun juga memberi efek kenyang, sehingga bisa dipakai untuk teman diet Anda. Jangan khawatir, mentimun tidak hanya mengandung air saja, tetapi vitamin, mineral dan juga serat.

Masker mentimun juga banyak dimanfaatkan untuk memberi efek menyegarkan kulit wajah yang lelah.

MENGKUDU

makanan sehat alami mengkudu

Mengkudu mengandung Dammachanthal yang berfungsi sebagai anti kanker. Sedangkan untuk kulit, mengkudu berkhasiat melembutkan kulit karena mempercepat peremajaan kulit. Meningkatkan stamina, menurunkan kolesterol, mengurangi hipertensi, dan juga berguna untuk menurunkan berat badan.

TOMAT

Tomat matang mengandung zat yang bernama Lycopene, yang berguna untuk mendinginkan kulit ketika terpapar sinar matahari dan mengurangi resiko kanker kulit.

Tomat juga dapat menjaga daya tahan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan mata, mengatasi kulit berminyak, mengurangi kerontokan rambut dan juga bisa menurunkan kolesterol.

UBI JALAR MERAH

Ubi jalar merah mengandung antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Ubi jalar merah juga mengandung vitamin A, B6 ,C dan E.

Selain ubi jalar merah ada ubi jalar ungu yang juga mengandung antioksidan yaitu Lutein dan Zeaxantin. Senyawa ini termasuk pigmen klorofil yang membentuk vitamin A, berfungsi menghalangi kerusakan sel-sel tubuh.

Kekurangan vitamin A bisa menurunkan fungsi kerja otak sehingga akan mempengaruhi daya ingat dan menyebabkan gangguan tidur. Kurang tidur akan berpengaruh pada kulit, diantaranya akan mudah keriput, tidak segar dan kusam.

WORTEL

Wortel diketahui banyak mengandung Beta-karoten, yaitu antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka, baik untuk mata, meningkatkan stamina, menyehatkan kulit kepala serta membantu mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh terutama logam-logam berat.

3. Rimpang-rimpangan

JAHE

rimpang jahe sehat

Jahe memiliki aroma yang khas, karena jahe mangandung minyak atsiri sekitar 1-3%. Selain itu jahe juga mengandung oleoresin, protein, lemak dan air.

Jahe diyakini memiliki banyak manfaat diantaranya: sebagai antibakteri, anti inflamasi, mengobati nyeri sendi, menyamarkan bekas luka, mengatasi jerawat, serta mampu mencegah penuaan dini.

KENCUR

Kencur juga mengandung minyak atsiri, terdiri dari komponen Etil metoksisinamat yang mempunyai efek melindungi kulit. Selain itu kencur juga bermanfaat untuk manjaga stamina, mengurangi dan menghilangkan bau mulut, batuk, bersin, mengurangi perut kembung dan nyeri saat haid.

KUNYIT

Kunyit mengandung senyawa curcumin, antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan sel-sel sehingga mampu memperlambat tanda-tanda penuaan.

Dalam sebuah jurnal penelitian, kunyit yang ditambahkan pada krim wajah memiliki efek melanin lebih rendah secara signifikan pada minggu pertama, selanjutnya menyamarkan kerutan, menghidrasi kulit dan kulit terlihat lebih elastis.

TEMULAWAK

Temulawak juga mengandung senyawa curcumin, yang berperan sebagi antioksidan. Temulawak mampu mengurangi jerawat pada wajah, sebagai anti radang, anti bakteri, juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Minyak Nabati

makanan sehat zaitun

MINYAK DAUN BIDARA

Bermanfaat untuk menguatkan akar rambut, menghilangkan jerawat, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi bibir pecah-pecah serta mencegah insomnia.

MINYAK CENGKEH

Bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekbalan tubuh, menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, menyamarkan guratan bekas luka dan mencegah kerontokan rambut akibat patah.

MINYAK HABBATUSAUDA

Mengandung antioksidan bernama thymoquinone, yang ampuh dan efekif menghancurkan racun-racun dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai anti aging.

Selain itu habbatusauda juga mampu menurunkan kolesterol, menurunkan hipertensi, serta menstabilkan gula darah.

MINYAK KELAPA (VCO)

Bermanfaat untuk melindungi rambut dari kerusakan, melambabkan kulit, menyehatkan fungsi hati, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi otak serta mengurangi infeksi mikroba seperti bakteri, parasit , serta anti jamur.

MINYAK SAMIN

Minyak samin banyak ditemui dalam masakan India, Pakistan dan Timur Tengah. Minyak samin mengandung omega 6 dan omega 3 yang berfungsi untuk meningkatkan kerja otak,bisa juga untuk mencegah kanker, melancarkan fungsi pencernaan, sebagai tambahan dalam masakan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menyehatkan mata.

MINYAK ZAITUN

Minyak zaitun bermanfaat untuk mengurangi iritasi akibat terbakar sinar matahari, mencegah resiko kanker terutama kanker kulit, baik untuk kesehatan jantung, melancarkan aliran darah, menyamarkan noda hitam pada bibir, sebagai make up remover, serta mampu mengobati jerawat.

5. Probiotik

makanan sehat yogurt

Makanan sehat untuk kulit selanjutnya adalah makanan probiotik merupakan makanan yang telah difermentasi dengan menggunakan mikroorganisme baik yang berguna untuk menyehatkan sistem pencernaan. Contohnya: tempe, kimchi, yogurt, kefir, dadih dan berbagai jenis lainnya.

Selain bermanfaat untuk sistem pencernaan, makanan atau minuman yang mengandung probiotik juga bisa membuat kulit sehat loh. Sebagai contoh yogurt, digunakan sebagai pelembab bagi kulit kering, masker yogurt bisa mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, melindungi dari sinar UV, menyamarkan garis-garis halus dan bintik-bintik hitam, mengurangi jerawat serta anti inflamasi.

Itu dia kumpulan makanan sehat yang bisa dicoba di rumah. Tetap sehat, semangat dan jangan lupa berdo’a ya Mak.

Sumber Referensi:

Santoso, Budi.2012. Buku Pintar Perawatan Kulit Terlengkap.Yogyakarta: BukuBiru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
error: